Arrow

RI Bersiap Jadi Tuan Rumah Turnamen Robot

Posted by Unknown ~ on Kamis, 13 Februari 2014 ~ 0 comments

Indonesia, untuk pertama kalinya, dipercaya menjadi tuan rumah kompetisi LEGO robotik tingkat dunia. Kompetisi "World Robot Olympiad 2013 (WRO2013)" akan  diselenggarakan pada 16 -17 November 2013 di Ecovention Hall – Ecopark, Ancol Jakarta Utara.

Bertema “World Heritage,” kompetisi tersebut akan diikuti lebih 1.500 peserta dari 37 negara. Tidak hanya peserta yang akan memenuhi acara ini, masyarakat luar juga dapat hadir berpartisipasi dalam WRO2013 untuk mendukung tim-tim dari Indonesia yang berkompetisi mengharumkan nama bangsa, ungkap MIKROBOT Experience Centre dalam keterangan tertulis

Sebagai tuan rumah, Indonesia tak menyia-nyiakan kesempatan untuk unjuk gigi di kandang. Dalam ajang yang pertama kali diselenggarakan pada 2004 lalu, Indonesia mengirimkan delegasi terbaik dari 20 tim hasil kompetisi sejenis secara nasional, Indonesian Robotic Olympiad 2013 pada September lalu.

Kompetisi diperkirakan bakal berjalan cukup seru. Sebab tim dari tiap negara peserta mengirimkan tim terbaik nasional masing-masing. Selain olimpiade, forum WRO2013 juga akan menghadirkan pembicara dan praktisi pendidikan dari berbagai sekolah dan universitas dari luar negeri. Peserta juga dapat saling berbagi ilmu dan pengetahuan seputar Lego robotik.

Dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset dan Teknologi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, penyelenggara WRO2013, Mikrobot berharap para guru dan murid bisa turut hadir dalam ajang bergengsi ini untuk melihat secara langsung perkembangan teknologi robotika di dunia dan juga perannya dalam pendidikan secara langsung.

WRO2013 ini merupakan pelaksanaan WRO yang ke-10 dengan peserta dari berbagai penjuru dunia.

Indonesia akan bersaing dengan negera peserta yakni Australia, Bahrain, Bolivia, China, Kosta Rika, Denmark, Mesir, Jerman, Ghana, Yunani, Hong Kong, India, Iran, Jepang, Malaysia, Meksico, Nigeria, Oman, Peru, Filipina, Qatar, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Ukraina, Uni Emirat Arab, Vietnam, Yaman, Spanyol, Swiss, Siprus, Rumania.

Peserta WRO2013 terdiri dari berbagai level mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sampai tingkat umum. WRO pertama kali diselengarakan pada 2004 bertempat di Singapura, kemudian tiap tahun bergantian. Setelah sukses di negeri Singa itu, WRO secara berurutan diselenggrakan di Thailand, China, Taiwan, Jepang, Korea, Filipina, Abu Dhabi dan Malaysia.


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Harap mengisi komentar jika telah membaca demi kemajuan blog ini

Pengunjung

Daftar Isi

.

Followers