Yamaha Byson Pakai Mesin 250cc Tahun Ini
~ on Minggu, 16 Februari 2014 ~ 0 comments
Yamaha Byson berhasil menjadi trendsetter sportbike
entry-level di Tanah Air yang dibekali dengan fork depan lebih besar dan
sektor roda yang juga gambot daripada produk kompetitor sejenisnya.
Baru-baru
ini Yamaha menampilkan sosok lain dari si Byson ini di Auto Expo India
2014. Kok Byson? Ya benar, meskipun berbeda nama sebenarnya Byson yang
di negeri Bollywood ini dinamakan FZ-S, faktanya ia terlahir lebih
dahulu di sana. Byson dan FZ-S mengusung model streetfighter bongsor khas moge dengan spesifikasi mesin dan bodyworks yang nyaris mirip.
Beberapa kalangan penggeber Byson di Tanah Air mengungkapkan hanya
ada satu sisi kelemahan moge 'wanna be' yakni sektor mesinnya yang
kurang 'berotot' alias lebih baik lagi jika mengusung mesin lebih besar
(di atas 150cc).
Nampaknya permintaan itu akan 'segera' diamini
oleh pabrikan berlogo garputala ini (India). Berdasarkan FZ-S bertajuk
konsep yang hadir di event otomotif terbesar di India ini, Overdrive
(OD) menemukan sebuah fakta baru bahwa tidak hanya bodyworks (Byson)
saja yang berganti lebih keren namun secara kasat mata blok mesin yang
'digendongnya' tampak lebih besar.
Meskipun secara logika, perubahan besaran penampang mesin yang hanya
sedikit ini sulit untuk 'menguatkan' rumor tentang hadirnya Byson 250cc. OD berani beranggapan bahwa kapasitas ruang bakarnya (FZ-S konsep) mengacu pada angka 165-170cc saja.
Meskipun
saat memperkenalkan FZ-S konsep ini Yamaha tidak mencantumkan
'official's word' dalam rencana launchingnya ke depan, namun banyak
kalangan otomotif di India bahwa sosok Byson bermesin lebih besar ini
akan mengawali debutnya pada tahun ini juga.
Bagaimana Bro, setuju dengan up-grade mesin Byson 250cc atau 170an-cc?
Selamat beropini ya, semoga saja Yamaha Tanah Air 'segera' mengamini hal
ini demi nilai kepuasan konsumen terhadap produk sportbike-nya? Salam
'Yamaha Semakin di Depan'.